Produk Life Cycle
10.28 | Author: 4CHI
Pada posting sebelumnya saya telah menjelaskan tentang beberapa prinsip dasar dalam management pemasaran. Salah satu prinsip dasar tersebut adalah masalah produk, kita diharapkan mampu membuat sebuah produk yang memiliki life time yang panjang. Ini memang merupakan suatu hal yang susah karena semakin ketaknya persaingan dan semakin sedikitnya peluang untuk memonopoli pasar.

Sumber Gambar :http://ayaharanotes.blogspot.com

Sebuah produk akan mengalami empat fase ketika kita melepas produk tersebut kepasar. Keempat fase tersebut adalah fase Introduction, fase Growth, fase Maturity dan fase Decline.
  
  • Fase Introduction adalah fase ketika kita pertama kali meluncurkan dan memperkenalkan produk baru yang kita buat. Dalam fase ini harga barang yang kita jual tidak boleh terlalu mahal agar konsumen bisa menerima produk tersebut.
  • Fase Growth adalah fase dimana kita bisa menentukan harga yang tinggi untuk barang yang diproduksi karena untuk fase ini belum terlalu banyak pesaing yang masuk dan menciptakan produk sejenis.
  • Fase Maturity adalah keadaan yang menunjukan bahwa produk yang kita buat tadi sudah banyak dikenal dilingkungan masyarakat. Biasanya dalam fase ini akan banyak produk-produk baru sejenis.
  • Terakhir adalah fase Declining yakni kondisi saat produk yang kita buat tadi akan mulai ditinggalkan oleh konsumen. Jika sebuah produk telah memasuki fase ini maka produsen harus sesegara mungkin membuat sebuah inovasi baru terhadap barang tersebut agar bisa tetap bertahan dipasaran.



|
This entry was posted on 10.28 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: