Prinsip Pemasaran (Marketing MIX)
00.03 | Author: 4CHI
Untuk membuat usaha kita cepat maju dan berkembang kunci yang harus kita gunakan adalah menguasai pasar penjualan. Untuk menguasai keadaan pasar tersebut ada empat prinsip dasar yang harus kita implementasika yakni :
  1. Produk
  2. Promosi
  3. Harga
  4. Tempat
Produk disini adalah jenis barang dan jasa  yang nanti akan kita jual kepasar, sebuah produk harus mampu memberikan sebuah ciri khas tersendiri dari produk lainya misalnya dari sisi harga, fitur yang dimilki ataupun dari sisi bentuk dan ukuran. Setiap produk memilki jangka life time tertentu yakni masa waktu dimana produk tersebut bisa bertahan dan bersaing dengan produk lainya dipasar bebas. Semakin lama life time sebuah produk maka akan semakin baik prospek pasar produk tersebut.

Promosi adalah usaha yang dilakukan untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa secara luas sehingga orang lain akan tertarik untuk membeli atau memakai jasa yang kita jual. Banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan promosi misalnya melalui email, sms, sponsorship, Advertising dan lain-lain. Kita bisa memanfaatkan salah satu dari cara-cara promosi tersebut untuk melipat gandakan tingkat penjualan produk yang kita buat.

Harga merupakan aspek penting berikutnya dimana harga sebuah produk harus kita sesuaikan dengan keadaan dan kondisi barang. Jika kita baru memproduksi sebuah barang baru, kita tidak bisa mematok harga yang berlipat ganda dari harga produksi, jika hal ini terjadi maka barang tersebut kemungkinan besar akan ditolak oleh pasar (tidak laku dijual).

Terakhir adalah tempat, Letak tempat usaha juga akan sangat mempengaruhi tingkat penjualan misalnya kita membuka usaha tempat parkir didaerah sekitar kampus, usaha ini tentu akan mengalami perkembangan yang lambat karena mahasiswa akan memilih memarkir kendaraanya pada area kampus yang dirasa lebih terjamin. Kalau untuk daerah sekitar kampus bukalah usaha seperti kos-kosan atau warung makan dimana usaha tersebut akan jauh lebih berkembang ketimbang jenis usaha parkir tadi.

Sumber : Materi Kuliah Management Pemasaran
|
This entry was posted on 00.03 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: